imamrhdn'blog

Youkoso…!

install windows XP via USB FlashDisk…… buat EEE PC ato di PC biasa juga bisa

on August 28, 2008

Alat dan bahan…..^^

1. PC yang terinstall windows
2. USB flash disk minimal 1 GB.
3. CD instalasi Windows XP.
4. Aplikasi aplikasi tambahan :

USB_PREP8 (alternative download)
PeToUSB (alternative download)

Bootsect.exe (alternative download)

Langkah-langkah Pembuatan:

1. colokin USB flashdisk ke port USB. Dan masukin CD instalasi windows xp ke optical drive….

2. Download aplikasi2 tambahan yang diperlukan (USB_PREP8, bootsec dan PEtoUSB

3. esktrak semua ke sembarang tempat, missal D:\USB, setelah itu masuk ke folder dimana file-2 tersebut di-ekstrak, misal D:\USB

4. Copy file yang ada di folder PeToUSB_3.0.0.7 ke folder usb_prep8, seperti dibawah


5. Jalankan file bernama ” usb_prep8.cmd ” maka di layar monitor akan tampak jendela seperti ini :

6. Tekan sembarang tombol untuk melanjutkan dan akan muncul jendela seperti berikut :

selanjutnya klik start untuk mem-format usb, lalu yes, dan yes..

7. jika formatting sudah selesai ,

tutup jendela PEtoUSB tapi jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika Anda menjalankan usb_prep8.cmd maka di layar akan muncul:

8. tekan 1 untuk memilih drive dimana file instalasi windows berada

9. Pilih 3 untuk menentukan di mana Anda mencolok flash disk. Klo di drive M: maka tulis M

10. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk memulai membuat file temporary, Tekan Y untuk memulai format flashdisk

Pencet sembarang tombol dan proses dilanjutkan


Hingga tampil :

Tekan yes untuk mulai menyalin file temporary ke usb

Yes,

Yes

Setelah itu tekan sembarang tombol 2x untuk mengakhiri…

Untuk mulai install dari usb, restart komppinya… lalu masuk BIOS untuk mengatur BOOT SEQUENCE atau urutan bootingnya, tempatkan USB-HDD di urutan paling pertama, lalu save dan exit,

65 responses to “install windows XP via USB FlashDisk…… buat EEE PC ato di PC biasa juga bisa

  1. andrie_st says:

    Saya punya komputer Pentium II 400, tidak ada CD-ROM dan gak bisa boot ke USB (setting BIOS gak ada), …

    boot satu2nya hanya dengan disket/floppy yg masih berfungsi ….

    Trus bagaimana caranya supaya bisa boot ke USB tersebut?

  2. idzole says:

    klo gitu bisa dicoba flashing bios….(upgrade bios dengan versi terbarunya) biasanya disediain di web vendornya….bisa di donlot…

  3. aspul says:

    saya pernah mencaba persis dgn cara yang di atas, tetapi pas waktu boot dg UBS, proses bootingnya kok macet…??!
    yang nampak layar hitam dgn huruf J di sudut kiri atas desktop, saya coba tekan sembarang tombol tetap tidak mau…
    saya minta masukan solusinya…
    thanks??!!

  4. idzole says:

    buat om aspul,,,, waktu proses bikin image CD nya gada yang kelewat.?? kaya nya penyebab ada pas bikin image xp ma waktu copy ke flashdisknya,,,,coba deh ulangi prosesnya sama persis ma yang ada di atas…. ma jangan lupa sambil berdoa,hihi,,,

  5. idzole says:

    ehm…. akhirnya ngalamin juga yang seperti om aspul alamin,,,,kemaren saya berniat buat nginstall xp di komp. kantor lewat USB,,,,twnya muncul huruf “J” juga…
    pas saya coba di komputer rumah, display malah blank item aja gada apa2 nya… padahal dulu pernah nyoba di komp. rumah bisa….
    penyebabnya,mungkin dulu flashdisknya ga di isi file apapun selain XP,atau emang biosnya perlu di update dulu ke versi yang lebih baru…..

  6. dedz says:

    Gue udah coba. Ternyata bisa kok. Cuma cara tsb hanya bisa dilakukan bila kita nginstall Windows XP-nya di partisi pertama (atau harddisk dgn satu partisi). Namun gak bisa dilakukan bila kita install Windows XP-nya di partisi ke-2, atau partisi ke-3, dst..
    Sedangkan bila kita instalasi pakai CDROM bisa dilakukan pada partisi yg mana saja.
    Gmn caranya untuk bisa install di sembarang partisi? Soalnya gue mau install Windows XP-nya di partisi ke-2. Partisi pertama soalnya gue pakai buat Linux.

    • atmasetya says:

      bener tuh saya juga terkendala di pas bikin partisi nya..
      soalna pertisi pertama sudah ada win7 ..

      niat na si pengen pasang 2 OS…

  7. idzole says:

    1.dedz Says: “Namun gak bisa dilakukan bila kita install Windows XP-nya di partisi ke-2, atau partisi ke-3, dst.”
    2.Gmn caranya untuk bisa install di sembarang partisi? Soalnya gue mau install Windows XP-nya di partisi ke-2. Partisi pertama soalnya gue pakai buat Linux.

    1. hmmmm…… masalah soal bisa ato ga-nya nginstall xp di partisi selain partisi pertama ato harddisk yang cuma punya 1 partisi,,,saya kurang setuju, berdasar pengalaman saya nginstall xp, sebenernya bisa aja ko mw di install di partisi ke-2 ato ke-3 ato berapapun selain partisi pertama (C:), mungkin masalahnya, klo mw nginstall, partisi primary harus dah di isi OS sebelumnya, contohnya win.98,win2000 di partisi C: dan di partisi D: bisa dipake buat xp…..

    2. buat yang mw pake xp ma linux, harusnya OS yang pertama di install harus windows dulu… baru linux…. misal C: diisi ma xp dulu, baru install linuxnya…. klo duluan dah ada linux baru install xp,, pasti linux nya bakalan ilang om….gitu…

  8. kasep123 says:

    thanks buat tips2nya gue jd seneng & ga perlu repot2 lg pasang cd room klo ada pc yg hank di arnet oe, thanksssss tp oe mau coba dulu mudah2an berhasil…berhasil..

  9. azmi says:

    Aduh gimana yah tu mas. kok muncul J terus, padahal saya udah sering kali mencabo yang mas sarankan. bahkan saya coba ganti cd room, ganti cd win xp yang baru tetap juga gak bisa. saya coba juga pakai image nero gak bisa juga. ketika proses copy nya juga gak ada yang corrups.

  10. Nugy says:

    Bagus Om, Sudah ditest dan berhasil…

    Eee PC ku bisa diinstall ulang lagi deh

    Makasih

  11. urangtuha says:

    di kaskus juragan juga yang bikin threat nya yah…ane kemaren liat di kaskus ada yang bahas ini..thanks deh klo di bahas lg di blog nya lagi..soal nya kemaren ane sukses booting lewat FD nya pas dvd room nya ga tahan panas karena instalasi W*ndows

  12. idzole says:

    hola mas/mba azmi… masalah muncul huruf J trus, tu bukan gara2 waktu proses kopi ke flashdisknya ada yang korup… tapi masalah nya BIOSnya mas/mba ga support booting lewat flashdiskk…. coba update biosnya

  13. d4uz says:

    Hmm.. maaf neh interupsi..
    Itu diatas khan ada tiga item yang didownload, nah item ke tiga (Bootsect.exe), koq gak ada fungsinya yah??

  14. mksi infonya…
    smga aq bisa ya,hehehe

  15. Yus says:

    Swun2x infox ni lgsg tncap gas kwrnet mo dnload soft2x. Mga2 bs bt. Cz prdana niy.
    Http//:iyusonline.blogspot.com

  16. gasphard says:

    thx mas ,, akhirnya gue bisa instal notebook yg rusak drive optiknya ,,,,,,,…………..semuanya berjaln dgn mulusnya,,,,,,,,,,,,,,,,dilaptop mana aja gue bisa instal bahkan di pc desktop,…

  17. firdaus says:

    ane udeh nyoba 3x kali
    kok nggak bisa yah???
    sebelumnya nginstal linux..
    pas gagal itu linux nya ilang??

  18. idzole says:

    Wekz,smpe 3x y gagalnY?hhm…boleh tw gagal nya gmn?ato baru ngikutin smpe langkah brapa ktauan gagalnyA?kl mas mw nginstal 2oS(xp ma linux),saran dr ane,mas instal os windows pertama,baru linux,,,soale,kl mas instl linux dlu,tar lilo ato grubnya dlibas ma boot lodernya windows…kcuali mas dah expert dlm hal operating system,,,sbnrnya bsa jg instll linux duluan,tp elmu ane blum ksampean ksana..ane br tw tu tehnik dr adik kelas ma guru,tp smpe skrg blm nemu tu caranya,maap

  19. Alfir says:

    bisa di pake di pentium III ga….?
    soalx saya punya pc kentum III,,,,,!

  20. yusup says:

    Sy coba nginstal XP Via USB dengan langkah seperti di atas dan ternyata berhasil. Tapi ada permasalahan, pas mau nginstal Office 2007, ngak berhasil alias gagal. Saya coba nginstal ulang lagi XP-nya, install Office 2007 tetap gagal. Kira-kira dimana penyebabnya?

  21. t-rex says:

    makasih ilmunya sangat bermanfaat

  22. WHY says:

    usb bisa buat boot or install tapi ada bnyak file yg gak bisa diinstall di netbook aku, so begitu di restart gak bisa full, ngeblank hitam gk bisa masuk windows/

  23. irvan says:

    aduh gman ini aq udh cb langkah2nya ternyata kok
    gk bs ya?muncul pesan formatEx Error[9]:Another proses has open file(s) on this drive.

  24. aFIX says:

    mau tanya nech klo udah boot ke removable kan start up nya ada pilihan satu dan dua ntu yang di pilih yang mana dulu yach+ hati2 ya ma virus menyebar xe,,,xe,,, flash dish githu loh over write

  25. ahjun says:

    gimana klo XP yang digunakan lebih dr 1GB, krn viruat drive “T” yang terbentuk hanya 1GB
    Thanks for share

  26. kopler says:

    bos ,kok lma bnget proses yg sebelom terakhir tu? apa emang bgtu?atau ada kesalahan ya?
    mohon intruksinya OM
    thank’s

  27. idzole says:

    @ om kopler : klo pas langkah ke10 lama banget, mungkin gaara2 flashdis yg om pake kecepatannya lambat… dulu saya pernah ngalamin itu… normalnya +- 20 menit, tp krna FDnyalambat, jd makan waktu semaleman… jd untuk masalah ini, mas coba ganti FD yang mas pake skrg dgn FD yang laen… sebagai perbandingan,,,
    * FD = Flashdisk

    @ mas yusup : hhhmm…. sbnrnya saya blum nyoba install office 2007 under xpusb… mungkin permasalahannya karena hardware yang mas pake kurang memungkinkan untuk dapat menjalankan office2007,mksh..

    @ mas alfir : klo mau install d PIII, asalkan bisa booting OS lewat usb, kemungkinan besar bisa(karena saya belum mencobanya)

  28. idzole says:

    @ afix : yang n0.2(text) dulu… baru tar no.1 (GUI)

  29. idzole says:

    @ irvan : klo gt biasanya gr2 komp. yang mas pake sudah terjangkit pirus kayanya.. ato gag mas pake vista OS nya??

  30. idzole says:

    @ mas ahjun : wew, gede amat tuh xp…. hmm.. kayanya bisa… tp blum tw caranya, coz blum nyuba.. tp mas dah nyoba ngemount virtual drive nya? dan mang dah kebukti maksimal 1GB drive virtualnya??

  31. seventh says:

    wah, kok stlh milih no.2 trs no.1 kok ttep ga bisa boot ya, ada pesan eror gtu..

  32. rian says:

    kok ko0mpi q g bisa tu
    ngapusi y

  33. abdee says:

    mas, apakah cara tersebut cuma bisa buat xp aja? klo buat linux bisa ga?

  34. idzole says:

    bisa, mas bisa ngikutin langkah2nya…
    berikut linknya

    -Install Ubuntu 9.04 on a Flash Drive (Usbuntu)
    http://www.instructables.com/id/Install-Ubuntu-904-on-a-Flash-Drive-Usbuntu/

    buat vista, berikut link nya

    -install Windows Vista from USB Flash Drive
    http://www.eeeguides.com/2007/12/install-windows-vista-from-usb-flash.html

    Silahkan…

  35. hasanudin says:

    mas mau tanya…kom saya klw pakai vcd usb mau dan dibios usb dvdnya kedetect….pas saya bhuat flasdis semua cara ud saya ikuti ko g kedetek di bios………..klw g kedetek dibios gimana mau run…..mohon pencerahannya

  36. babu says:

    bisa di pake vista gak ? soalnya mau di pake di dell mini

  37. arul says:

    Ini ni….. yg slama ini q cari2
    Trims bos Idzole sangat bermanfaat sekali buat q yg masih newbe

  38. alqoumi26 says:

    mantap gan,,

    ane punya tools yg buat recovery system ne jadi ga usah repot2 install ulang windows, pake hiren’s boot usb..
    usb lho bukan cd..
    kalo berminat silahkan, nih link nya http://alqoumi.blogspot.com/2009/10/hirens-boot-usb.html

  39. kuswantoro says:

    thank’s for your giveness. because U…, I can learn more……, :)

  40. aria says:

    om klo ky gni ada efek sampingnya gk bwat flashdisk kita???
    bs diformat lg dan dipake lg sprti biasa kn??

  41. idzole says:

    @ om babu : musti nya bisa …. tp saya blum pernah nyoba klo pake vista…. :D
    ni link nya mas..
    http://kurtsh.spaces.live.com/blog/cns!DA410C7F7E038D!1665.entry

    @ om arul : seepp.. berhasil ya? selamat2…

    @ om alqoumi2 : thx info nya mas… :)

    @mas kuswantoro : same2 mas,… :D

    @aria : gada.. klo dh ga dipake buat install OS, tinggal format ulang aja flashdisk nya… gada efeksampingnya ko.. ^^

  42. Aryalent says:

    mas,mohon maaf….saya udah nyoba tapi kok gagal terus???setelah buka usb_prep.cmd ternyata filenya gak ngopi otomatis ke Flashdisk….trus katanya untuk windows versi 3.1 gimana mas?tolong balas postingannya di email saya ya??ini alamat emailnya…..Aryalent_diaz@yahoo.com

  43. idzole says:

    buat yg mw langkah2 buat update bios… nih link nya,, ^^

    http://zcoburn.blogspot.com/2008/04/cara-untuk-melakukan-update-bios.html

    @mas arya : mskdnya win ver3.1 apa tuh?

  44. irvans says:

    hmm..bermanfaat juga nih…thanks udah share mas….

  45. dhani lugina says:

    makasiih ya mas, bisa juga ternyata. tapi saya harus melewati beberapa rintangan yang harus di hadapi. pada destination drive yaitu pnempatan driive kita gak kebaca. dan saya coba ke laptop teman saya yang menggunakan windows xp. alhasil terbuka.

    sekedar masukan: software ini tidak support pada windows 7 atau windows vista, software ini hanya support pada windows xp,

  46. idzole says:

    sipp… makasih juga share pengalaman nya mass.. :) semoga bermanfaat

  47. deddy says:

    thanks,,,

  48. teukuUmar says:

    gan kalo mau ngingstal redhat apakah sama cara nya sama ubuntu yang link mas kasih di atas. nie ane copy lingk nya.
    http://www.instructables.com/id/Install-Ubuntu-904-on-a-Flash-Drive-Usbuntu/

    makasih mas sebelum nya..

  49. dede_yeuh says:

    om saya mau tanya neh.,
    saya udah nyoba ngulang ampe ke 3 x nya neh.,
    tapi pas mau di install drive yang kedetect cuma drive USBnya aja HDD nya malah ga kedetect itu kenapa yach???

    udah di coba ampe 3x kaga bisa.,

    thx

  50. Ana says:

    Salam kenal, NTLDR is missing mksdnya apa ya…?? trus cara bios via USB gmn??? coz, CDRoom+Floppy disk nya ga ada!!!
    kalo mo update bios, gmn??
    thank’s before atas jawabanya :’)

  51. bagosbanget says:

    Weh nice info. Dicoba dulu deh. Moga-moga bisa.

    Makasih ya!

  52. adam says:

    thanks banget info nya, gw baru bisa berhasil install nya.

  53. firexas says:

    good article…,

  54. ahuii says:

    Gan,.berhasil inul di flasdisk.
    cuma mo nanya kenapa Office 2007 ga bisa diinstall pada windows xp hasil inul di flasdisk.
    Apanya ya gan …?
    Padahal kalau inul biasa cd rom jalan.

  55. vj dwi says:

    Nice Info gan, infonya detil bgd buat saya……jadi bisa deh instal lewat flasdisk !!!!!!
    makasih gan , , ,

  56. Aans says:

    Aq ga sukses2 instal:(
    Baru preparing install eh blue scren…
    Bantuannya donk….

  57. rulli andesa nugraha says:

    mantep gan thnks it works….good blessing you

  58. bahrur rozaq says:

    thanks bos mantaaap infox ,.,

  59. kakeo says:

    suer ribet, mening pake WInToFlash,

  60. Joe says:

    Gan gmana nie kalo saya gak Pake CD.. tapi saya punya data windows nya yg berbentuk File ISO.. Mohon pnjelasan nya gan :)

    • idzole says:

      kalau ga da cd nya bisa gan, iso itu kan cd berbentuk file,, mount saja file iso nya pakai software virtual drive, sperti magic iso, poweriso, alcohol, dll,, intinya biar bisa baca file iso itu,,
      selanjutnya langkahnya sama ,,,

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

